Narsis Bukan Narji...

>> Minggu, 01 Maret 2009

Sampai dimana keNARSISan kamu...? Seringkali kita dengar ungkapan dari seorang teman "Ih,..narsis banget sih kamu!" Sebenarnya, salahkah apabila seseorang narsis?

Narsisme adalah perasaan cinta terhadap diri sendiri yang berlebihan. Istilah ini pertama kali digunakan dalam psikologi oleh Sigmund Freud dengan mengambil dari tokoh dalam mitos Yunani, Narcissus, yang dikutuk sehingga ia mencintai bayangannya sendiri di kolam. Tanpa sengaja ia menjulurkan tangannya, sehingga ia tenggelam dan tumbuh bunga yang sampai sekarang disebut bunga narsis.
Sifat narsisisme ada dalam setiap manusia sejak lahir, bahkan Andrew Morrison berpendapat bahwa dimilikinya sifat narsisisme dalam jumlah yang cukup akan membuat seseorang memiliki persepsi yang seimbang antara kebutuhannya dalam hubungannya dengan orang lain. Namun apabila jumlahnya berlebihan, dapat menjadi suatu kelainan kepribadian yang bersifat patologis.
Selama ini kita sering mendengar kata Narsis, bahkan tidak jarang kita ikut menggunakannya. Namun tahukan Anda, bahwa tidak semua orang yang menggunakannya sudah tau maksudnya?
Kalo sekedar maksud penggunaan kata itu, mungkin sudah banyak yang tau. Tapi alangkah baiknya kalo Anda tau sampe akar-akarnya.
Kata Narsis berasal dari cerita Yunani, tentang seorang pemuda bernama Narcissus. Dia sangat ganteng dan suka memuji dirinya sendiri, menolak cinta banyak gadis (dan janda?), tidak mudah tunduk pada rayuan beracun para wanita.
Sampai suatu saat dia menolak cinta Echo, yang menyebabkan Echo patah hati, dan Narcissus dikutuk sehingga jatuh cinta pada bayangannya sendiri di air kolam.

Nah, sekarang bagaimana pendapatmu tentang Narsis (bukan Narji) kirim komentarmu mulai sekarang, seperti biasa komentar akan dipublikasikan dan dicaro komentar yang terbaik. Daripada tidak kirim komentar lebih baik kirim komentar.

Referensi: Wikipedia - ensiklopedia bebas.

6 komentar:

mileniansa 1 Maret 2009 pukul 11.29  

Wah berarti gue nggak narsis dong...
Gue paling nggak bisa nolak pernyataan cinta dari para gadis apalagi janda, he..he..

Anonim,  1 Maret 2009 pukul 12.55  

Salam damai...
Ini saya rada kenal nih..tapi sedikit pangling...
Anda sdh masuk kesini berarti narsis...he..he..he..
Ini kayaknya Mas Budi ya?

mileniansa 2 Maret 2009 pukul 01.46  

to : Urip SR.
Maaf saya bukan Budi. Saya alumni SMPN1 Ptrk juga tapi lulus tahun 1985. Kalau Om Pamungkas pernah main ke rumahku, waktu nyeting modem HP Smart D1200P.

mileniansa 2 Maret 2009 pukul 01.48  

Uups,.. maksud saya lulus tahun 1988

Anonim,  2 Maret 2009 pukul 01.56  

Kalau rumahnya kompleks SD 3, berarti adiknya Udin Jupri ya?
Silahkan tunjukkan jatidiri anda..
biar narsis..he..he...

mileniansa 2 Maret 2009 pukul 12.55  

To : Anonim
Dapat info darimana bos?
Berarti anda kurang narsis, pakai anonim sih ....

Posting Komentar

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP