3 Pilar Kebangkitan Bangsa

>> Senin, 29 Desember 2008

Ada 3 pilar penting yang harus dikuasai ketika kita berkeinginan untuk mengembangkan bangsa di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
1. Sebagai sebuah hasil rekayasa, maka iptek begitu luas, karena itu sebagai bangsa kita harus mencari terlebih dahulu teknologi mana yang tepat dan sesuai dengan sumber daya (resources) yang dimiliki, atau orang lebih sering menyebut dengan istilah resources based tecnology.
2. Pemahaman bahwa penguasaan dan pengembangan teknologi saat ini tidak harus dimulai dari nol. Artinya, kita bisa mengambil teknologi yang ada di pasar untuk dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Karena itulah didalam mengambil teknologi yang ada di pasar, kita tidak boleh sekadar menjadi bangsa pengagum, tapi kekaguman harus menjadi sumber inspirasi, agar kita menjadi bangsa yang dikagumi oleh bangsa lain.
3. Penguasaan teknologi icon menjadi sebuah keharusan. Melihat pengalaman dengan pendekatan antropologis, bahwa tiap fase masyarakat selalu ada yang namanya teknologi icon, suatu teknologi yang sifatnya generik, general purpose, dimana semua aspek atau bidang dalam kehidupan memakai teknologi itu.
Depkominfo akan mengembangkan TIK untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan bangsa, melalui program information accesibility, dimana informasi dapat diberikan dan diakses dengan mudah. Untuk mencapainya, perlu beberapa syarat: 1. ketersediaan infrastruktur, 2. keterjangkauan harga, dan 3. kesiapan masyarakat dalam menerima TIK. Inilah yang harus dikembangkan ke depan, untuk menuju kebangkitan di bidang TIK.
Bagaimana dengan Anda, sudah siapkah...???***

Referensi: DEPKOMINFO/GATRA 25,TH.XIV.MEI 2008

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP