FOKAL TERANCAM BUBAR...???

>> Rabu, 16 Desember 2009

Menyikapi Friksi dengan Bijaksana
(Sebuah Tanggapan atas beredarnya Rumor)

Fokal (Forum Komunikasi Alumni SMPN 01 Petarukan) yang belum lama terbentuk terancam bubar, begitulah rumor yang beredar. Alasannya bermacam-macam ada yang merasa tidak terakomodasinya kelompok tertentu (Angkatan 1983) yang menurut rumor terpecah menjadi dua kubu yaitu kubu yang menginginkan duet dengan angkatan 1984 dan satu lagi yang menginginkan semua kepengurusan hanya angkatan 1983 mengingat jumlah partisipasi alumni ini lebih dominan dibanding yang lainnya.
Rumor boleh saja berkembang selagi masih sebatas wacana , barangkali keinginan pihak tertentu yang menginginkan kiprah (Alumni 1983) lebih dominan dalam kepengurusan adalah pemikiran yang prematur, dan bukti bahwa mereka kurang memahami cara berorganisasi yang baik.
Dalam persoalannya adalah kita melihat yang LEGAL, yang secara de jure sudah disahkan dan dilantik pada saat Reuni tgl 24 September 2009, waktu itu secara aklamasi kepengurusan dibentuk disaksikan para undangan yang hadir. Semua berjalan dengan lancar tanpa ada INTERUPSI satupun, berarti semua menyetujui. Ini fakta bahwa pada saat itu semua tepuk tangan sebagai pengganti dari ketok palu tanda disahkan kepengurusan Fokal.
Kalau ada segelintir orang yang tidak setuju dengan komposisi yang terbentuk, mengapa tidak Interupsi kemudian dilakukan revisi? Itulah pertanyaan yang paling mendasar.
Fokal itu apa sih? Bagaimana mekanisme kerja dari organisasi ini? Perlukah dibuat AD/ART?
Begitulah sebenarnya pertanyaan sekaligus PR dari pengurus untuk mewujudkan itu semua. Jadi bukan sekedar "hura-hura" yang tiada berujung. Dan bukan hanya bergerak dibidang sosial saja tetapi lebih luas dari itu. Program kerja yang pertama adalah mengumpulkan, mendata semua lulusan (alumni) SMPN 01 Petarukan dari angkatan pertama sampai yang terakhir selanjutnya dibikin database untuk memudahkan proses administrasi (baca: korespondensi). Kalau semua tahapan sudah dilakukan baru membentuk pokja-pokja untuk membuat aturan-aturan keorganisasian yang baku, kalau perlu dibikin Yayasan.
Dalam hal ini bahwa Rumor yang berkembang tidaklah benar, karena belum ada keputusan atau pernyataan dari ketua umum dan sampai saat ini belum ada berita pengurus yang mengundurkan diri. Kita masih solid lewat dunia maya dan seluler senantiasa mengadakan kontak untuk konsolidasi ke daerah-daerah.

Perbedaan itu Rahmat.

Bagi yang berbeda pendapat mari kita diskusikan dengan kepala dingin, kita satukan pendapat dan kita cari solusinya bersama. Kita semua ini satu adanya yang tergabung dalam wadah yang dinamakan Forum Komunikasi Alumni (FOKAL). Sesungguhnya perbedaan2 pendapat yang ada adalah Rahmat, karena dengan adanya perbedaan pendapat maka suatu saat akan dicari kesamaan2 pendapat yang nantinya justru akan memperkuat kita dalam berorganisasi.
Sudah saatnya kita memperkecil perbedaan yang ada, mari kita gali persamaan2 dan ide-ide yang brilian untuk membuat terobosan dalam menyatukan sesama alumni yang bertebaran di Nusantara ini.
"Kita semua harus menerima kenyataan, tapi menerima kenyataan saja adalah pekerjaan manusia yang tak mampu lagi berkembang, karena manusia juga bisa membikin kenyataan-kenyataan baru"
(uripsr@ymail.com)

Pesan Moralnya: "Bersatu kita teguh, bercerai kita Runtuh"

.

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP