Cerita tentang Salmon dari Petanjungan

>> Minggu, 19 April 2009

Ganasnya arus deras sungai mesti dilawan ikan salmon (trout) demi keberlangsungan generasinya. Dari hilir dan batang kali, ia berenang dan sesekali meloncat mempertaruhkan nyawa untuk mencapai hulu. Sesampainya disana, ia bertelur, lalu mati. Satu nyawa hilang, namun seribu nyawa baru terbilang.

Kurang lebih, seperti itulah metafora buat panitia reuni alumni SMPN I Petarukan angkatan 1983/84. Setelah 25 tahun bercerai berai mencari penghidupan masing-masing, pada tanggal 24 September 2009 rencananya, mencoba untuk disatukan kembali dalam jalinan silahturahmi.
Proses menuju kesana teramat mahal bagai ikan salmon menjinakkan arus deras sungai. Membuat moment reuni seperti ini tidak semudah membalikkan telapak tangan.
Kerja keras panitia terkadang mendapat tantangan dari dalam, seperti musuh dalam selimut, karena masalah sepele saja bisa membuat seseorang langsung turun semangat dan apatis terhadap program yang telah dibuat bersama.

Dalam sebuah organisasi muncul beragam karakter yang masing-masing individu ingin semua keinginannya terakomodasi. Ego yang berlebihan, memaksakan kehendak, apatis, acuh tak acuh mewarnai di setiap langkah kita. Kesepakatan yang telah dicapai belum tentu dilaksanakan, mengangguk belum tentu setuju, bilang Yes belum tentu ya dan terkadang gerundelan muncul dibelakang. Kepentingan yang tidak terakomodasi berujung agitasi (hasutan) menyebabkan friksi di dalam tubuh organisasi kita.

Itulah tantangannya? Bagaimana kita menghadapi iklim yang demikian? Beruntunglah panitia yang tersisa dan segelintir manusia yang masih peduli mampu menjinakkan tantangan ini dengan tetap tersenyum. Kita memahami perbedaan pendapat, perbedaan pendapat itu hidayah. Dan wajib disyukuri manakala perbedaan pendapat itu bisa diterima dan diakomodasi dengan cerdas, tentu dengan hati yang legowo.
Kata seorang teman "Sekali layar terkembang pantang surut biduk ke pantai".
Ibarat berlayar kita sudah separuh samudera terarungi, maka hendaklah dipersiapkan mental yang kuat agar sampai di Tanjung harapan.
Selalu berpikir positif (Positif Thinking), mengambil hikmah di setiap kejadian, introspeksi diri dan selalu lapang dada memaafkan kesalahan orang lain. Wah, filosofis banget ya, seperti pitutur pendeta yang baru turun gunung. Sangat bijak..! Mampukah kita..?

Kita ingin meletakkan dasar/pondasi, niscaya suatu saat angkatan 1983/84 akan dikenang manis oleh adik-adik kita karena sebuah prestasi membuat reuni yang besar dari jumlah pesertanya ( kurang lebih 800 orang). Dan kita punya wacana ingin membentuk Forum Komunikasi Alumni (FOKAL) SMPN I Petarukan yang mewadahi semua angkatan, bisa menyediakan bea siswa bagi keluarga yang tidak mampu, membantu sarana kegiatan belajar dan membekali ketrampilan bagi siswa-siswi yang putus sekolah.

Niat yang tulus dan mulia semoga Allah SWT mendengarkan dan meridloiNYA. Amin...!
Setelah FOKAL terbentuk maka tongkat estafet kita serahkan kepada generasi penerus.
Regenerasi dalam sebuah organisasi itu mutlak diperlukan. Dan moment reuni seperti ini tinggal dilanjutkan sebagai agenda rutin tahunan.
Proses alam, yang tua mulai sirna setelah 10 sampai 20 tahun mendatang kita pun akan lengser. Seperti ikan salmon tersebut diatas, demi keberlangsungan generasinya dari hulu dan batang kali, ia berenang dan sesekali meloncat mempertaruhkan nyawa untuk mencapai hulu. Sesampai disana ia bertelur dan selanjutnya proses alami itu berjalan seiring datangnya sang waktu.

"Hidup ini tidak terdiri dari fakta dan kejadian, terbentuk oleh arus pikiran yang terus mengalir dari kepala seseorang."

Pesan moralnya: Hidup itu harus berkarya, harimau mati meninggalkan belangnya, manusia mati meninggalkan budi (budi baik pasti akan dikenang) Percayalah..!!!

Ucapan terima kasih kepada:
Lina, wati, Trie, Nono, Didi, Narko, Yayan, Milono, Yus, Slamet Kardiyan, dan Saya.
Anda semua ibarat ikan Salmon.

2 komentar:

Anonim,  19 April 2009 pukul 07.43  

Selamat ya Bung admin
Selalu meng-update artikelnya.
Anda bagian dari gerombolan salmon itukah. Bravo buat panitia.
Salut. Muantappp!!!

Unknown 21 April 2009 pukul 19.26  

blog ini juga keren kok...tapi ini kan web alumni...kalo bisa dibuat forumya...terus domainya dibuat [dot] com...bisa pake jasa desain dan domain serta hosting.
kalo boleh saya sarankan pake penyedia seperti yang saya pakai di www.nusantaraproperty.com selama ini tidak mengesewakan sih...

Posting Komentar

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP